Daya Tarik Orang Indonesia yang Saya Sukai Sebagai Orang Jepang

Sudah menginjak tahun ke-4 sejak saya pindah ke Indonesia setelah hidup selama 35 tahun di Jepang. Selama 4 tahun tinggal di sini masih banyak hal-hal yang belum saya pahami, meskipun begitu perlahan-lahan saya mulai bisa melihat perbedaan antara Jepang dan Indonesia.

Jika disimpulkan, saya menyukai Indonesia begitu pula dengan orang-orangnya. Kali ini saya ingin menyampaikan bagian mana saja yang saya sukai melalui perbandingan dengan orang Jepang. Saya memiliki pengalaman bekerja di perusahaan Indonesia, dan ingin membicarakan pemikiran mereka yang sebagian besar pernah berhubungan dengan saya.

Saya menyukai orang Indonesia yang ramah dan bersahabat

Orang Indonesia yang memiliki sifat ramah dan berpikiran positif jauh lebih banyak dibandingkan orang Jepang. Saat kita sedang dalam kesulitan, mereka akan langsung bertanya “Sedang ada masalah apa?”. Orang jepang banyak yang tidak peduli dengan masalah seperti itu karena menganggapnya akan merepotkan mereka.

Orang indonesia sangat murah senyum. Karena mereka selalu berkumpul dan mengobrol dengan penuh keceriaan, suasana di sekitar pun menjadi ceria. Sedangkan saat bekerja di Jepang, orang-orang terlihat sibuk dan kelelahan. Di kantor Indonesia selalu ada saja yang bercanda dan membuat orang-orang disekitarnya tertawa, sehingga menciptakan suasana yang nyaman.

Selain itu, orang jepang banyak yang suka menyindir. Seringkali mereka membicarakan suatu hal secara berputar-putar padahal akan lebih baik jika mereka mengatakan secara langsung apa yang ingin mereka bicarakan. Orang indonesia akan mengatakan secara langsung apakah hal itu baik atau buruk. Jika ada teman sejawat, mereka akan langsung mengatakan pendapat mereka secara langsung kepada kita. Akan tetapi, baik orang jepang maupun orang indonesia, sangat sedikit yang mengungkapkan secara langsung pendapat mereka kepada atasan.

Saya menyukai orang Indonesia yang mementingkan keluarga

Bagi orang Jepang walaupun mereka memiliki keluarga, banyak dari mereka yang lebih memprioritaskan pekerjaan. Mereka berangkat kerja dari pagi buta hingga larut malam dan jarang sekali mengambil waktu untuk berlibur. Walaupun istri sudah membuat masakan dan menunggu di rumah, jika ada ajakan untuk minum bersama atasan tidak akan bisa menolaknya. Hal ini disebabkan banyak orang jepang yang berpikiran bahwa pekerjaan dan hubungan dengan orang-orang yang ada di kantor adalah yang paling penting.

Akan tetapi, hal yang paling mengagetkan saat datang ke Indonesia, sedikit sekali orang yang menghabiskan hidupnya untuk bekerja. Keluarga jauh lebih penting dibandingkan pekerjaan, dan nilai kepentingan itu selalu muncul dalam setiap situasi.

Selain itu, orang-orang yang bekerja lembur pun sedikit. Apabila memasuki waktu akhir bekerja, mereka berhenti bekerja tepat sesuai waktu yang ditentukan. Kemudian pulang ke rumah dan makan malam bersama keluarga. Mereka berkata “Bukankah seharusnya seperti itu?”, tetapi orang Jepang tidak bisa melakukannya. Apabila pekerjaan hari itu ada yang tersisa, mereka akan lembur dan berusaha menyelesaikannya. Orang jepang paling tidak bisa menyisakan pekerjaan hari ini untuk dikerjakan esok hari.

Selain itu, apabila istri sakit banyak orang Indonesia yang meminta cuti untuk merawat mereka. Hal ini dikarenakan betapa pentingnya keluarga bagi mereka. Walaupun sedang bekerja, sebisa mungkin mereka menyelesaikan pekerjaannya dan segera pulang ke rumah. Sedangkan orang Jepang, jika hanya perihal istri yang sakit mereka tidak akan mengambil cuti. Tentu saja situasinya akan berbeda apabila sakitnya sudah parah atau memerlukan operasi.

Kesimpulannya, hal yang paling penting dalam kehidupan orang Jepang adalah pekerjaan. Sebaliknya, saya merasa bahwa yang paling penting dalam kehidupan orang Indonesia adalah keluarga.

Saya menyukai orang Indonesia yang giat bekerja

Orang jepang memang tekun dalam hal pekerjaan, akan tetapi orang yang memikirkan apakah yang dikerjakan saat ini adalah suatu hal yang mereka sukai atau tidak sangatlah sedikit. Hal ini pun sudah dibuktikan berdasarkan survei yang dilakukan secara berkala. Orang jepang adalah masyarakat yang sangat aneh. Walaupun mereka bekerja keras dari pagi hari hingga larut malam, banyak dari mereka yang tidak menyukai pekerjaan yang mereka lakukan. Secara pribadi, saya pikir itu hanya karena mereka bekerja secara berlebihan.

Orang indonesia tentu saja banyak yang pulang tepat waktu, dan lebih banyak yang memprioritaskan keluarga dibandingkan pekerjaan. Akan tetapi, hal itu bukan disebabkan karena mereka tidak menyukai pekerjaannya, banyak dari mereka yang bekerja dengan tekun dan sungguh-sungguh. Pekerjaan dan keluarga hanyalah masalah prioritas, bukan masalah suka atau tidak. Saya bisa merasakannya saat bekerja bersama mereka, orang indonesia terlihat sangat menikmati pekerjaan yang dilakukannya.

Setelah pindah ke Indonesia dan bekerja bersama dengan orang-orangnya, saya mulai bisa melihat sisi baik dan buruk orang jepang. Hal yang baiknya tentu saja terus saya terapkan, tetapi ada banyak hal yang perlu diperbaiki, dan saya pikir mempelajarinya dari orang indonesia adalah ide yang baik.

Hal seperti ini pertama kali saya pahami setelah pindah dan berhubungan dengan budaya dan orang-orang dari negara lain. Oleh sebab itu, saya merasa sangat beruntung karena pindah dan tinggal di Indonesia.

Related

コメント

この記事へのコメントはありません。