Kesan Orang Jepang Secara Umum Terhadap Orang Indonesia

Hal yang pertama saya pikirkan ketika pertama kali pindah ke Indonesia dan berwisata di sekitar Kota Jakarta adalah “Mobil jepang banyak sekali”. Sebelum pindah ke Indonesia, saya sudah berwisata ke beberapa negara Asia Tenggara seperti Thailand, Vietnam dan Malaysia, tetapi negara dengan jumlah mobil jepang sebanyak ini tidak ada.

Selain itu, karena Jakarta merupakan kota yang berkembang, seingat saya saat datang ke pusat perbelanjaan pun tidak beda jauh dengan di Tokyo. Pertama kali datang ke Indonesia, hal-hal yang saya lihat dan temui semuanya merupakan hal yang baru.

Saya rasa, saya tidak banyak tahu tentang Indonesia. Bukan hanya saya saja, kali ini saya ingin menyampaikan kesan orang jepang secara umum tentang Indonesia.

Negara Selatan yang ada di suatu tempat di Asia Tenggara

Menurut pendapat saya sedikit sekali orang yang tahu letak posisi Indonesia dengan benar. Sebaliknya, untuk para pembaca artikel ini, bisakah kalian menjelaskan letak posisi Jepang dengan benar? Geografi lebih sulit dari yang dibayangkan, kan.

Menurut saya, secara umum orang jepang mengakui bahwa indonesia,
● Ada di suatu tempat di Asia Tenggara
● Ada di bagian Selatan
Negara dengan iklim yang hangat di selatan Asia Tenggara. Negara yang ada di daerah Bali atau Saipan. Secara garis besar orang-orang beranggapan seperti itu.

Pulau Bali memberikan kesan yang sangat kuat

Mungkin hal ini berlaku bukan hanya untuk orang jepang saja. Berdasarkan kepopulerannya, Pulau Bali lebih terkenal dibandingkan Indonesia. Berdasarkan data tahun 2018, jumlah orang jepang yang berkunjung ke Bali kurang lebih 240,000 orang. Jika dilihat berdasarkan urutan rangking di bawah ini, jepang berada di urutan ke-5.

Ke-1 : China (1,281,100 orang)
Ke-2 : Australia (1,067,500 orang)
Ke-3 : India (320,240 orang)
Ke-4 : Inggris (251,200 orang)
Ke-5 : Jepang (239,00 orang)

Ngomong-ngomong, setiap tahunnya orang Indonesia yang datang ke jepang, kurang lebih 300,000 orang dan sepertinya akan terus bertambah.

Penduduk muslim terbanyak di dunia

Selama ini, berdasarkan berbagai informasi dari televisi dan koran, saya mengetahui bahwa Indonesia memiliki penduduk muslim terbanyak di dunia. Akan tetapi, dikarenakan penduduk muslim yang tinggal di Jepang sedikit, kami orang jepang tidak terlalu memahami tentang agama islam.

Tentang hal ini saya bermaksud untuk membahasnya di artikel berikutnya. Orang jepang sejak dahulu kala adalah penganut ajaran Budha, tetapi saat ini orang-orang yang tidak menganut agama sangat mendominasi. Oleh karena itu, pemahaman terhadap agamanya sangat minim dan terlihat tidak cukup memperhatikan keadaan umum.

Saya menikah dengan wanita muslim Indonesia, masuk agama islam dan menjadi muslim. Ketika pertama kali pulang ke jepang sejak menjadi seorang muslim, saya merasakan kesulitan dalam menjalani kehidupan sehari-hari, baik itu masalah makanan, tempat ibadah maupun yang lainnya. Hal itu sampai saat ini pun masih belum banyak berubah.

Berdasarkan latar tersebut, saya memahami bahwa Indonesia memiliki jumlah muslim terbanyak di dunia, akan tetapi masih sedikit orang yang memahami, agama seperti apa islam itu.

30 tahun yang akan datang akan melampaui pertumbuhan ekonomi jepang

Saat ini jepang berada di posisi ketiga sebagai negara dengan ekonomi terkuat, akan tetapi banyak yang beranggapan bahwa Indonesia akan melampaui jepang di tahun 2050. Berdasarkan prediksi perusahaan konsultan PwC, prediksi GDP pada tahun 2050 bisa dilihat di bawah ini.

Ke-1 : China
Ke-2 : India
Ke-3 : Amerika
Ke-4 : Indonesia
Ke-5 : Brazil
Ke-6 : Meksiko
Ke-7 : Jepang

Bukan hanya PwC, perusahaan konsultan lain dan lembaga survei mengatakan hal yang serupa. Oleh karena itu, saya mendapatkan kesan bahwa negara ini adalah negara yang hebat.

Kesimpulan

Bagi orang jepang, Indonesia bukan negara yang begitu bersahabat tetapi bukan pula negara yang memiliki hubungan buruk. Kesan orang jepang banyak yang seperti ini dikarenakan indonesia adalah negara yang tidak terlalu mereka ketahui, selain itu barang dan jasa indonesia di jepang masih sedikit.

Dengan berkembangnya perekonomian indonesia dan masuknya barang-barang dan jasa dari indonesia ke jepang, saya berpendapat orang jepang pun akan berubah.

Selain itu, jika perekonomiannya lebih berkembang dari saat ini, tentu saja akan semakin mendapatkan perhatian dunia. Jika hal itu terjadi, di jepang pun akan bermunculan berita-berita di media massa seperti koran atau TV dengan judul “Spesial Indonesia”. Dengan begitu, pemahaman akan indonesia pun akan semakin dalam.

Related

コメント

この記事へのコメントはありません。